Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Infeksi Saluran Kencing Pada Pria – Infeksi saluran kencing memang lebih sering diderita oleh kaun wanita. Menurut Dr. Arry Rodjani, SpU dari Departemen Urologi FKUI/RSCM, Jakarta, ini karena saluran kemih wanita lebih pendek dibanding dengan pria, sehingga kuman lebih mudah masuk dan berkembang biak. Meski demikian, pria juga dapat mengalami infeksi saluran kemih dan kadang bentuknya berbeda dengan wanita.

Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Siapa yang rentan terkena penyakit infeksi saluran kencing? Saluran kemih berfungsi untuk menyingkirkan limbah cairan dari tubuh dan menjaga keseimbagan zat-zat yang dan garam tubuh. Saluran kemih kita dimulai dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra atau saluran kemih bagian luar. Pada pria saluran kemih juga berada satu kesatuan dengan prostat dan saluran kelamin. Inilah yang terkadang menyebabkan jenis infeksinya saluran kemih pada wanita.

Saluran kemih pada pria lebih jarang mengalami infeksi dibanding saluran kemih pada wanita. Ini karena, pada pria terdapat sejumlah mekanisme pertahanan alami terhadap infeksi. Lapisan dalam ureter (saluran antara ginjal dan saluran kemih) pria dapat menampung lebih banyak cairan. Selain itu, uretra pria terletak lebih jauh dari rektum dan anus. Belum lagi adanya produksi kelenjar prostat yang dapat memperlambat pertumbuhan kuman.

Pada umumnya, urine bersifat steril dari kuman. Namun terkadang kuman dapat masuk dari saluran kemih bagian luar (uretra). Oleh karena itu, infeksi saluran kemih umumnya terjadi pada saluran kemih bagian bawah, yaitu di uretra dan kandung kemih. Melalui berkemih, kuman yang ada akan tersapu keluar bersama dengan aliran air seni. Namun, tidak jarang pula kuman ini dapat mencapai ginjal dan menyebabkan infeksi yang disebut pielonefritis. “Kuman yang paling sering masuk dan menyebabkan Infeksi Saluran Kemih Pada Pria adalah Escherichia coli yaitu kuman yang normalnya yang umumnya banyak terdapat pada usus dan terbawa oleh feses, akibatkurangnya kebersihan tubuh.”

Faktor Lain Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

  1. Kelainan pada saluran kemih, misalnya refluks vvesikoureteral, di mana urin yang berada di kandung kemih membalik ke ureter dan ginjal. Ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Infeksi saluran kemih terjadi akibat neurogenic bladder yaitu adanya gangguan pada persarafan berkemih sehingga terjadi gangguan pengosongan kandung kemih.
  2. Bendungan pada saluran kencing, misalnya ujung penis yang tertutup pada pria yang tidak disunat, batu saluran kemih atau penyakit prostat yang ditandai dengan pembesaran kelenjar prostat. Karena aliran urin terganggu, maka kuman yang berada di saluran kencing tidak dapat tersapu keluar. Pada pria yang tidak disunat, namun kurang kebersihannya, kuman dapat terkumpul dan memasuki saluran kencingh.
  3. Penggunaan kateter atau selang kencing
  4. Pria dengan penyakit diabetes atau penyakit yang menyebabkan gangguan kekebalan ubuh
  5. Hubungan seksual tanpa pengaman yang menyebabkan infeksi saluran kencing pria. Risiko ini juga meningkat pada mereka yang melakukan seks anal.

Pengobatan Infeksi Saluran Kencing

Jika anda adalah seorang pria atau wanita dewasa yang sehat (siapa saja yang tidak dalam kondisi hamil), pengobatan Infeksi Saluran kencing Pada Pria atau wanita adalah dengan antibiotik dalam beberapa hari biasanya dapat mengobat infeksi salurankencing dengan baik. Hal yang penting adalah bahwa anda menceritakan kepada dokter tentantg gejala-gejala  seperti adanya nyeri punggung dan demam (khususnya jika demam melebihi 101 derajat fahrenheit, yang bisa diartikan bahwa infeksi yang terjadi mungkin sudah menyebar pada organ ginjal. Juga merupakan hal penting yaitu mengonsumsi antibiotik secara tepat seperti apa yang disarankan dan dikatakan dokter, karena menghentikan konsumsi antibiotik dapat membuat pengobatan kurang efektif dan mungkin menjadikan infeksi ginjal yang berkembang menjadi lebih parah.

Beberapa wanita menderita infeksi saluran kemih berulang-ulang, dan mereka dapat tertolong dengan beberapa pencegahan. Beberapa perubahan-perubahan kebiasaan atau pola dan gaya hidup yang dapat anda buat sendiri dapat membantu meringankan infeksi. Sebagai contoh, minum cukup banyak cairan khususnya air. Meminum jus cranberry jika membantu mencegah infeksi pada saluran kemih. Akan tetapi, jika anda mengonsumsi warfarin (coumadin) yaitu antikoagulan oral yang  mempengaruhi sitesa vitamin K yang berperan dalam pembekuan darah, konsultasikan dengan dokter sebelum minum jus cranberry untuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Dokter mungkin perlu mengatur dosis warfarin yang anda konsumsi atau anda perlu melakukan pemeriksaan darah dengan lebih sering. Apabila kecenderungan finfeksi saluran perkemihan yang anda peroleh disebabkan karena setelah melakukan hubungan seksual (seksual intercourse), segera pergi ke kamar mandi setelah intercourse untuk membersihkannya. Hal ini dapat mengurangi resiko infeksi saluran perkemihan.

Seringkali infeksi perkemihan disebabkan oleh akibat perubahan-perubahan bakteri di dalam vagina. Pemberian anti bacterial lokal pada vagina melalui penyemprotan (produk pembersih vagina), spersimida dan beberapa antibiotik lewat oral/ mulutdapat menjadi penyebab perubahan-perubahan bakteri di dalam vagina, jika memungkinkan hindari penggunaan dari produk-produk diatas.

Salah satu jenis obat infeksi saluran kemih yang digunakan adaah sulfonamide yang bisa membantu dalam menghambat bakteri gram positif dan juga gram negatif. Dan selain itu secara struktur analog dengan asam p-amino benzoat. Biasanya akan diberikan dalam bentuk per oral dan bisa dikombinasikan dengan penggunaan obat Trimethoprim, sistem metabolisme yang terjadi pada hati dan juga di eksresi pada ginjal. Sulfonamide ni biasanya digunakan dalam kasus pengobatan infeksi saluran kencing dan bisa terjadi suatu resisten akibat hasil mutasi yang pada akhirnya menyebabkan PABA menjadi berlebihan.


>>> Obat Infeksi Saluran Kemih Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Infeksi Saluran Kencing and tagged , , , . Bookmark the permalink.