Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kencing – Untuk mencegah penyakit infeksi saluran kencing  dapat dilakukan upaya pencegahan, namun untuk upaya tersebut perlu dilakukan suatu pemeriksaan terlebih dahulu batu yang terkandung di dalam saluran kemih hingga menimbulkan infeksi terdiri dari komponen apa saja, sehingga tindakan pencegahan pun dapat dilakukan dengan baik.

Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Jika sudah ditemukan hasil dari penyebab terbentuknya batu, kemudian batu akan dianalisis dan dilakukan pengukuran untuk mengetahui komponen apa saja yang terkandung dalam saluran kemih.

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Penyebab Dan Gejala Penyakit Infeksi Saluran Kencing

  1. Muara saluran kemih wanita yang ada di depan vagina. Dan biasanya lokasi ini berdekatan dengan daerah dubur. Hal inilah merupakan faktor posisi yang merupakan salah satu hal yang menjadi pencetusnya. Akibatnya yang terjadi adalah bahwa bakteri E coli dari dubur dengan bisa lebih mudah bermigrasi alias jalan menuju ke daerah saluran kencing atau juga menuju ke daerah uretra. Hal ini bisa saja terjadi jika memang kaum wanita biasanya kurang memperhatikan kebersihan dari alat kelamin mereka.
  2. Untuk wanita dengan gejala infeksi saluran kencing karena saluran kemih mereka yang pendek. Dan biasanya saluran ini disebut dengan uretra, selain itu panjangnya bisa mencapau kurang lebih 2 sentimeter-2,5 sentimeter di depan vagina. Berbeda dengan pria, mereka biasanya mempunyai uretra yang lebih panjang dan hal ini beruntung mempunyai prostat yang mempunyai tugas dalam melawan kuman.
  3. Sedangkan dengan posisi berjongkok yang bisa menjadi salah satu kebiasaan pada wanita disaat mereka sedang buang air kecil pada lantai kamar mandi yang tidak bersih yang bisa mengakibatkan terjadinya percikan balik dari daerah alat kelamin disaat kita sedang buang air kecil dan cebok. Padahal pada lantai kamar mandi atau juga pada wc umum yang banyak kuman-kuman. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati jika memang harus terpaksa buang air kecil pada tempat yang umum.

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Gejala infeksi saluran kencing yang terjadi jika memang terjadi pada saluran kencing atau uretra atau kandungan  kemih, maka biasanya gejala yang akan dirasakan adalah sering buang air kecil, walaupun air yang keluar sedikit atau mengalami anyang-anyangan. Dan selain itu juga disaat sedang buang air kecil saluran kemih biasanya akan terasa lebih panas dan juga terasa lebih perih. Terkadang juga akan keluar cairan yang warnanya kental dan warnanya agak kekuningan serta baunya yang seperti nanah. Biasanya jarang disertai dengan adanya demam.

Sedangkan gejala infeksi saluran kencing  pada wanita bisa terjadi munculnya rasa sakit pada daerah tulang kemaluan, sementara untuk pria yang biasanya merasakan sakit pada bagian daerah usus besar di dekat anus. Dan sedikit berbeda denga  infeksi yang terjadi yang sudah mencapai ke daerah ginjal atau juga saluran yang bisa menghubungkannya pada ginjal serta ureter.

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kencing

Upaya pencegahan penyakit infeksi saluran kencing yang dapat dilakukan adalah :

  1. Dengan mengkonsumsi obat diuretik thiazid seperti trichlormetazid yang dapat membantu mengurangi pembentukan batu yang baru dalam saluran kemih.
  2. Banyak mengkonsumsi air putih mineral minimal 8-10 gelas perhari atau 1-2 liter per hari atau lebih disesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan cairan. Diyakini dengan banyak mengkonsumsi air putih mineral dapat membantu memperkecil pembentukan batu dan dapat menghancurkan batu di saluran kemih yang kemudian keluar melalui urine yang agak berpasir.
  3. Lakukan cara diet cepatrendah kalsium dengan memenuhi natrium selulosa fosfat. Namun lakukan lah diet sehat dan tetepa menyeimbangkan kebutuhan tubuh akan sumber vitamin dan komponennya agar tubuh tidak kekurangan asupan dari nilai vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Pencegahan infeksi saluran kencing untuk meningkatkan kadar sitrat (zat penghambat pembentukan batu kalsium) di dalam air kemih, diberikan kalium sitrat.
  5. Untuk mengurangi kadar oksalat yang tinggi dalam air kemih yang merupakan pendukung dari terbentuknya batu kalsium yang berasal dari jenis makanan kaya oksalat. Penderita infeksi saluran kencing ini harus mengurangi dan membatasi asupan makanan seperti bayam, coklat, kacang-kacangan, merica dan teh.
  6. Pencegahan infeksi saluran kencing sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait agar dapat penangganan lebih lanjut jika batu kalsium yang terbentuk di dalam saluran kemih ini mengakibatkan adanya komplikasi penyakit lainnya seperti hiperparatiroidisme, sarkoidosis, keracunan vitamin D, asidosis tubulus renalis atau kanker.

Batu kalsium

Jika terbentuknya batu disaluran kencing terbentuk karena adanya batu kalsium yang dialami seseorang karena hiperkalsiuria yang dimana kadar kalsium di dalam air kemih sangat yinggi melebih batas normal.

Batu Asam Urat

Apabila infeksi saluran kencing ini terjadi karena adanya pembentukan batu akibat penyakit asam urat atau adanya penumpukan kristal urat dapat dicegah dengan melakukan upaya, seperti :

  1. Dengan mengurangi asupan makanan yang berasal dari daging, ikan dan sejenis unggas. Hal ini disebabkan jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam air kemih.
  2. Dengan mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter terkait untuk mengurangi pembentukan asam urat.
  3. Untuk mengurangi tingkat keasaman pada air kemih dan membuat air kemiih semakin alkalis atau basa dapat diberikan obat yang mengandung jenis kalium sitrat dengan resep dan petunjuk dokter.
  4. Perbanyak minum air putih setiap harinya minimal 2 liter atau lebih.

>>> Obat Infeksi Saluran Kemih Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Infeksi Saluran Kencing and tagged , , , , . Bookmark the permalink.